Profil

Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia (PERMI)

(Indonesian Society for Microbiology)

 

 

1.    Landasan Hukum

Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia (PERMI, Indonesian Society for Microbiology) merupakan organisasi profesi bidang mikrobiologi yang mencakup bidang-bidang mikrobiologi kedokteran, industri dan lingkungan serta pangan dan pertanian. PERMI didirikan pada tanggal 22 September tahun 1973. Sebagai organisasi profesi Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia telah terdaftar dengan No. AHU.2-AH.01.01-5643 pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

2.    Organisasi

Sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PERMI tahun 2009, keanggotaan PERMI adalah perseorangan baik ahli mikrobiologi maupun peminat dan praktisi mikrobiologi. Perhimpunan terdiri dari pengurus pusat, pengurus cabang dan anggota. PERMI memiliki 20 cabang yang ada di Indonesia yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Bali, Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Masing-masing PERMI Cabang dipimpin oleh Ketua PERMI Cabang. Sejak bulan Januari tahun 2015 jumlah Cabang PERMI telah bertambah menjadi 21 Cabang, yaitu dengan terbentuknya PERMI Cabang Kalimantan Timur. Anggota PERMI saat ini 1.247 orang tersebar pada 20 Cabang yang ada di Indonesia.

          PERMI membawahi  organisasi-organisasi  ilmiah yang terkait dengan bidang mikrobiologi, seperti  Indonesian Society for Lactic Acid Bacteria (ISLAB), Forum Komunikasi Kurator Koleksi Biakan Mikroorganisme (FORKOMIKRO), Indonesia Biological Safety Association (IBSA).

 

3.    Tujuan

1.  Menghimpun perorangan yang bergerak dan/atau mempunyai keahlian dalam  bidang mikrobiologi.

2.  Menyediakan forum dan sarana untuk mengadakan pertukaran ilmiah dalam bidang mikrobiologi dalam arti luas.

3.  Memberi pertimbangan kebijakan yang menyangkut bidang mikrobiologi kepada pemerintah, swasta maupun masyarakat.

4.  Membangun suatu jaringan dalam keahlian mikrobiologi, baik ilmiah maupun komersial di dalam dan luar negeri.

 

4.    Program

Program PERMI ditetapkan dalam Kongres yang dilaksanakan 4 tahun sekali, bersamaan dengan dipilihnya Ketua Umum dan Pengurus Pusat. Program-program yang ditetapkan dalam Kongres XII PERMI tahun 2015 di Semarang adalah :

1.    Program ilmiah :

a.    Pertemuan Ilmiah Tahunan/Seminar International :

Seminar Internasional ataupun Nasional yang diselenggarakan setiap 1 tahun sekali.

Untuk tahun 2019 PERMI Cabang Solo siap menjalankan Seminar Internasional, agar bisa diusahakan untuk memenuhi kaidah-kaidah International  (a.l. harus ada anggota dari organisasi atau perorangan Luar Negeri  yang duduk dalam steering committee, selain  Brunai, Singapore dan Malaysia  dan peserta dari negara lain)

b.   Workshop dan pelatihan:

-          Pelatihan terjadwal  & terstruktur

-          Diprogramkan oleh Pengurus Pusat  dan Pengurus  Cabang

-          Buku panduan/modul dengan  format PERMI digunakan untuk kegiatan  Workshop/pelatihan di PERMI Pusat dan PERMI Cabang

c.    Penerbitan jurnal

-          Microbiology Indonesia dikembangkan menjadi jurnal berkala ilmiah Internasional serta menjadi publikasi yang bereputasi Internasional untuk para mikrobiolog

-          Program pelatihan penulisan karya ilmiah diadakan bagi anggota, untuk meningkatkan akseptibilitas makalah di Microbiology Indonesia.

2.    Pengembangan organisasi

a.    PERMI tetap jadi anggota IUMS

b.   PERMI menginisiasi/mempelopori pembentukan federasi organisasi profesi mikrobiologi tingkat ASEAN

3.    Sertifikasi Personil

a.    PERMI  memprogramkan untuk proses sertifikasi kompetensi bekerjasama dengan Perguruan Tinggi

b.   PERMI membentuk Lembaga Sertifikasi Personil

4.    Program pemberian Satuan Kredit Poin pada setiap kegiatan PERMI (terutama seminar dan pelatihan) untuk memfasilitasi anggota-anggota yang berprofesi sebagai dokter dan dokter gigi.

 

5.    Kegiatan Ilmiah

          Pada tahun 1999 PERMI telah menerbitkan kembali jurnal ilmiah Jurnal Mikrobiologi Indonesia  sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil riset  di berbagai bidang mikrobiologi. Sejak tahun 2007 Jurnal Mikrobiologi Indonesia  berhasil ditingkatkan menjadi berorientasi Internasional berbahasa Inggris dengan nama Microbiology Indonesia dan terbit secara berkala 4 kali/tahun. Pada tahun 2011 jurnal Microbiology Indonesia  merupakan salah satu dari 3 jurnal ilmiah terbaik di Indonesia versi DIKTI. Microbiology Indonesia mendapatkan akreditasi A dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional selama 3 periode yakni 2007-2009, 2010-2013 dan 2014-2019. Jurnal Microbiology Indonesia  juga telah diterbitkan secara online (http://www.permi.or.id/journal/index.php/mionline). MI juga telah terindeks di Directory of Open Access Journal (DOAJ), Google Scholar, Academic Journal Database dan Shinta.

Pertemuan Ilmiah Tahunan Nasional (PIT) Annual Scientific Meeting diselenggarakan setahun sekali, dan sampai saat ini paling sedikit telah diselenggarakan 18 kali dengan 6 kali diantaranya diselenggarakan sebagai International Seminar. Disamping itu beberapa Cabang juga menyelenggarakan Seminar untuk anggotanya 2-3 kali/tahun dengan topik spesifik. 

Pelatihan Mikrobiologi Dasar yang dilaksanakan berdasarkan permintaan industri telah dilaksanakan 6 kali dalam 3 tahun terakhir hingga 2012. Penyelenggaraan pelatihan dilakukan bekerjasama dengan laboratorium milik institusi riset maupun milik perguruan tinggi. Workshop dalam topik-topik spesifik juga dilaksanakan bersamaan dengan Pertemuan Ilmiah Tahunan di berbagai Cabang PERMI.

          Agenda Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT), International Seminar (ISISM) dan Kongres Luar Biasa PERMI tahun 2015 yang telah disepakati pada  Kongres Luar Biasa PERMI tahun 2015 adalah sebagai berikut :

  • Tahun 2014   : International Seminar (ISISM ke-7) di Sumatera Barat
  • Tahun 2015   : Pertemuan Ilmiah Tahunan dan Kongres Luar Biasa di Semarang
  • Tahun 2016   : International Seminar (ISISM ke-8) di Jakarta
  • Tahun 2017   : International Seminar (ISISM ke-9) di Sumatera Selatan
  • Tahun 2018   : Pertemuan Ilmiah Tahunan di Malang yang digabung dengan International Conference for Green Agroindustry and Bioeconomy pertama
  • Tahun 2019   : Internasional Seminar (ISISM ke-10) dan Kongres ke-XII di Solo